6. Aplikasi-aplikasi siklus produksi dan keuangan
6.1 Aplikasi-aplikasi
Siklus Produksi
Siklus hidup produk manajemen (atau PLCM) adalah suksesi strategi yang
digunakan oleh manajemen bisnis sebagai produk berjalan melalui siklus
hidup-nya. Kondisi di mana suatu produk dijual (iklan, saturasi) perubahan dari
waktu ke waktu dan harus dikelola sebagai bergerak melalui tahap suksesi nya.
Siklus hidup produk (PLC) Seperti
manusia, produk juga memiliki busur. Dari lahir sampai mati, manusia melewati
berbagai tahap misalnya kelahiran, pertumbuhan, kematangan, penurunan dan
kematian. Sebuah siklus hidup serupa terlihat dalam hal produk. Siklus hidup
produk berjalan melalui beberapa tahap, melibatkan disiplin profesional banyak,
dan membutuhkan banyak keterampilan, alat dan proses. Siklus hidup produk (PLC)
harus dilakukan dengan kehidupan sebuah produk di pasar sehubungan dengan
bisnis / komersial dan biaya langkah-langkah penjualan. Untuk mengatakan bahwa
suatu produk memiliki siklus hidup adalah untuk menegaskan tiga hal:
· Produk
memiliki hidup yang terbatas,
·
Penjualan produk melalui tahap yang berbeda,
masing-masing tantangan yang berbeda berpose, peluang, dan masalah kepada
penjual,
·
Produk memerlukan pemasaran yang berbeda, pembiayaan,
manufaktur, pembelian, dan strategi sumber daya manusia di setiap tahap siklus
hidup.
Empat tahap utama siklus hidup produk dan
karakteristik yang menyertainya adalah:
1. Pasar tahap
pengenalan
- · biaya sangat tinggi
- · penjualan lambat untuk memulai
- · sedikit atau tidak ada persaingan
- · permintaan harus dibuat
- · pelanggan harus diminta untuk mencoba produk
- · membuat uang pada tahap ini
2.
Pertumbuhan
tahap
- · mengurangi biaya karena skala ekonomi
- · volume penjualan meningkat secara signifikan
- · mulai meningkat
- · meningkatkan kesadaran publik
- · kompetisi mulai meningkat dengan pemain baru dalam membangun pasar
- · persaingan yang meningkat menyebabkan penurunan harga
3. Kematangan
tahap
·
biaya diturunkan sebagai akibat dari volume produksi
meningkat dan mengalami efek kurva
·
puncak volume penjualan dan kejenuhan pasar tercapai
·
peningkatan pesaing memasuki pasar
·
harga cenderung turun karena proliferasi produk yang
bersaing
·
merek dan diversifikasi fitur ditekankan untuk
memelihara atau meningkatkan pangsa pasar
·
Keuntungan industri turun
4. Tahap
penurunan
- · biaya menjadi kontra-optimal
- · penurunan volume penjualan
- · harga, mengurangi profitabilitas
- · keuntungan menjadi lebih tantangan produksi / distribusi efisiensi dari penjualan meningkat
6.2 Aplikasi-aplikasi Siklus Keuangan
Manajemen
keuangan dimulai dengan tujuan yang jelas proyek. Tujuan ini digunakan untuk
mengembangkan sebuah rencana tindakan untuk mencapai mereka - rencana yang
realistis, dapat dinilai dan merupakan cara yang paling efisien untuk mencapai
tujuan. Rencana ini diterjemahkan ke dalam anggaran yang memberikan sumber daya
untuk setiap aktivitas - penyusunan anggaran akan memberikan informasi tambahan
tentang setiap aktivitas yang dapat menyebabkan rencana harus diubah. Ketika
ini bagian dari siklus selesai, akan ada anggaran singkat yang mengalokasikan
sumber daya untuk setiap aktivitas. Tujuannya adalah untuk membuat anggaran
yang akan sedekat mungkin dengan operasi proyek yang sebenarnya.
Ketika
proyek dimulai, akuntansi juga dimulai. Catatan akuntansi dan laporan pada
semua transaksi keuangan. Ada dua jenis akuntansi - akuntansi organisasi formal
yang dilakukan oleh bagian akuntansi organisasi dan manajemen akuntansi
dilakukan oleh manajer proyek. Secara periodik, seluruh proyek, manajer
transfer informasi dari laporan akuntansi ke dalam anggaran. Selama fase ini
manajer terus menerus membandingkan proyeksi anggaran dengan hasil aktual dari
akuntansi. Kegiatan ini dapat menyebabkan intervensi manajemen dalam proyek
untuk menangani bidang-bidang yang menjadi perhatian.
Akhirnya,
pada akhir proyek, manajer bersama dengan personil akuntansi akan menghasilkan
serangkaian laporan hasil keuangan proyek. Laporan-laporan ini akan dimasukkan
ke dalam laporan keseluruhan proyek dan memberikan informasi berharga untuk
membantu dalam pengembangan proyek-proyek masa depan.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar